Misteri Dibalik Lawang Sewu yang Tak Banyak Orang Tahu


Jika Anda pernah ke Semarang, bangunan bersejarah dengan nama Lawang Sewu tentu sudah tak asing lagi bagi Anda. Bangunan ini merupakan peninggalan Belanda yang masih berdiri megah sampai detik ini. Hanya saja dibalik kemegahannya tersebut, tersimpan banyak misteri horor.

Tidak hanya kisah horor tentang bagaimana Lawang Sewu dibangun, akan tetapi kisah horor lain mengenai penampakan yang sering muncul pun santer dibicarakan. Kisah – kisah semacam ini bahkan sudah sangat melegenda dan menjadi misteri horor turun temurun yang dikisahkan dari zaman ke zaman. Apa sajakah misteri horror dibalik Lawang Sewu? Simak kisah selengkapnya di sini!  

Misteri Horor Dibalik Lawang Sewu

Hantu lorong bawah tanah 

Lawang Sewu memiliki bagian dasar yang merupakan area bawah tanah yang terdapat bunker serta penjara di sana. Lorong tersebut dikenal dengan sebutan ‘lorong berhantu’. Hal ini karena kesaksikan penjaga dan banyak orang tentang kehadiran sosok hantu yang terlihat di area tersebut. 

Bahkan cerita yang beredar di tengah masyarakat, jika ada seseorang yang datang ke bagian lorong bawah tanah berisi bunker dan penjara kemudian berdiam diri di sana, maka ia akan bertemu dengan berbagai hal di luar nalar. 

Penampakan bayangan seperti manusia yang bergantung di atas dengan mata hijau menyala akan Anda temukan. Bayangan ini akan berjalan merangkak dari atas dan mendekati siapa saja yang melihatnya. 

Kisah tentang teriakan pada sumur bawah tanah 

Pada halaman utama gedung Lawang Sewu, akan Anda temukan sebuah sumur tua yang sebenarnya sudah lama tidak dibuka untuk publik. Jadi sumur ini dikunci. Menurut banyak orang, sumur ini dikunci karena alasan adanya suara teriakan yang seringkali terdengar ketika malam hari dari arah sumur tersebut berada. 

Menurut cerita yang beredar, sumur ini pada masa Jepang dipakai oleh tentara Jepang untuk menjadi tempat penyiksaan bagi tentara Belanda. Hal tersebut menyebabkan banyak tentara Belanda yang mati dan suara yang terdengar adalah suara teriakan dari arwah tentara Belanda.

Namun beberapa pihak menyebutkan bahwa alasan logis mengapa sumur ini ditutup adalah agar sumur tidak menjadi tempat yang membahayakan warga atau pengunjung yang datang. Apalagi kalau membawa anak kecil. Jadi, kisah dan alasan mana yang Anda percaya tentang penutupan sumur bawah tanah di Lawang Sewu? 

Penampakan di pintu gerbang menuju ruang utama 

Pintu gerbang besar akan Anda lewati sebelum memasuki ruang utama dari Lawang Sewu. Ketika Anda melintasi pintu gerbang besar ini banyak orang yang mengatakan sering melihat penampakan roh halus. 

Penampakan pertama yaitu penampakan tangan hitam besar yang menutupi jendela. Penampakan kedua yaitu penampakan orang yang suka menyenter lorong pada malam hari. Penampakan ketiga adalah penampakan manusia dengan wajah yang sudah rusak. 

Penampakan prajurit Belanda penjaga pintu 

Salah satu tempat lainnya di Lawang Sewu yang dipercaya banyak penampakannya yaitu di bagian pintu depan Lawang Sewu di bagian barat dan timur. Konon katanya sering terjadi penampakan prajurit Belanda lengkap dengan senjata laras panjang di bagian ini. 

Mereka yang bersaksi pernah bertemu dengan penampakan ini mengaku bahwa sebelum penampakan prajurit Belanda bersenjata lengkap muncul, seringkali terasa ada hembusan angin kencang yang membuat bulu kuduk merinding. Nah, buat pengunjung Lawang Sewu kalau sudah merasakan angin kencang yang membuat bulu kuduk merinding harus berhati – hati ya karena bisa jadi penampakan tersebut akan menghantui. 

Itulah berbagai misteri horor dibalik Lawang Sewu yang sebenarnya tidak memiliki 1000 pintu melainkan memiliki total 429 pintu. Kisah horor tersebut bahkan menjadi kisah misteri yang sudah melegenda dan dipercaya secara turun temurun karena banyak orang yang mengaku pernah melihat penampakan – penampakan tersebut. Akan tetapi diluar kisah mistisnya, Lawang Sewu tetap menjadi salah satu wisata bersejarah yang ikonik dan wajib menjadi alternatif tujuan wisata Anda kalau ke Semarang.

Tidak ada komentar untuk "Misteri Dibalik Lawang Sewu yang Tak Banyak Orang Tahu"