10 Daftar Dewa & Dewi Mesir Kuno Paling Fenomenal


Bangsa mesir dikenal sangat kental dengan ritual dan tradisi yang cukup kuat. Ini juga terbukti dengan banyaknya patung-patung dengan berbagai bentuk yang bisa Anda temukan diwilayah ini. Mesir juga sangat mudah di ingat orang karena memiliki bangunan sejarah yang cukup terkenal yaitu piramida mesir. Jadi tidak heran jika orang-orang disekitar menganggap dewa & dewi itu ada bagi mereka. 

Oke kali ini Anda disini bisa menyimak 10 daftar dewa & dewi mesir kuno paling fenomenal yang pernah ada dan selalu dipuja-puja. Simak lebih lengkapnya berikut ini.

Daftar dewa & dewi mesir kuno paling fenomenal

1. Mut

Dalam bahasa Mesir Mut adalah ibu. Itulah sebabnya orang Mesir menyembah dewi ini. Dewi ini memakai 2 mahkota di kepalanya, yang melambangkan bagian atas dan bawah Mesir. Mut sendiri adalah istri Amon dan ibu Hones. Sebagai kepala para dewa Theban, Mut digambarkan seorang wanita yang mengenakan mahkota putih-merah. 

Terkadang Mut juga digambarkan dengan kepala atau tubuh burung hering dan seekor sapi. Beberapa periode terakhir, Mut telah digabungkan dengan dewi Hathor, dewi yang juga melambangkan cinta ibu, cinta wanita dan kebahagiaan.

2. Bastet

Tepercaya adalah sosok dewi terkenal berbentuk kucing atau wanita dengan kepala kucing. Dewa ini, yang sering disembah orang Mesir, adalah putra Ra, dewa matahari. Baik itu dewa atau dewi, Bastet adalah dewi dengan sifat berbahaya. Terlepas dari kenyataan bahwa ia digambarkan sebagai dewi yang licik, banyak orang Mesir menyembahnya karena sifat keibuan Bastet, serta sebagai pelindung alam. Bastet ini memiliki hubungan dekat dengan kucing domestik. Karena itu, Bastet sering digambarkan menjadi sosok kucing.

3. Seth

Seth adalah dewa para penguasa gurun dan badai. Dia terlibat dalam kekacauan dan kegelapan, menyebut dirinya kejahatan. Seth adalah salah satu dewa penting yang termasuk dalam legenda Osiris dan Isis. Namun, sebagai hasil dari popularitas Osiris dan simbolisme Seth, dia akhirnya menjadi setan, dan gambarnya dihapus dari kuil. Bangsa Mesir menggambarkan Seth sebagai simbol babi, buaya, kalajengking, dan kuda nil. Meskipun citranya telah dihapus dari kuil, beberapa orang masih memujanya.

4. Thoth

Pengetahuan itu sangat penting di bumi ini. Salah satu dewa yang disembah sebagai dewa tepercaya adalah Thoth (sumber dari semua pengetahuan). Pada zaman kuno, orang Mesir percaya bahwa Dewa Thoth yang memberkati orang Mesir sehingga mereka bisa menulis surat hieroglif, yang merupakan surat bergambar terkenal dari Mesir. Seperti dewa yang berdiri di antara yang baik dan yang jahat, Dia berpengalaman dalam hukum yang berkaitan dengan fisika. Bersama dengan pasangan mereka Maat, mereka berdua menjaga keseimbangan alam semesta dengan menggunakan pengetahuanya.

5. Horus

Horus adalah putra Osiris, serta Isis. Orang Mesir kuno percaya bahwa pharaoh di Mesir adalah manik paduan suara. menurut legenda Mesir, setelah ayahnya Osiris dibunuh oleh Set, Horus membalas dendam dengan membunuh pamannya, setelah Seth menjadi raja baru di Mesir. Orang Mesir percaya bahwa Horus adalah dewa cahaya dan langit. Horus digambarkan sebagai seorang pria dengan kepala elang di mahkota putih merah.

6. Isis

Isis adalah dewi dan istri Osiris. Nama Isis menjadi lebih terkenal karena dia dianggap sebagai ibu dari Horus. Karena semua pharaoh dianggap sebagai inkarnasi Horus, peran Dewi Isis dianggap semakin penting. Di Mesir kuno, Isis dianggap dan dihormati sebagai dewi kesuburan. Ketika Osiris dibunuh oleh Seth, beberapa bagian tubuh Osiris dikumpulkan oleh Isis, dan dia membungkusnya dengan perban. Inilah yang sekarang lebih dikenal sebagai mumi.

7. Osiris

Tidak banyak dari Anda yang mungkin pernah mendengar nama Dewa Mesir terkenal ini Osiris. Osiris adalah dewa Mesir yang kuat dan salah satu dewa Mesir yang paling dihormati. Ia memiliki 3 kekuatan luar biasa, yaitu kebangkitan, kesuburan dan kematian. Dia adalah dewa yang menjadi ayah Horus. Ketika Osiris dibunuh oleh Set, ia meninggalkan kebijaksanaan dan pengetahuan kepada putranya, Horus. Horus berhasil mengalahkan Seth dan menjadi raja Mesir. Sejak itu, Osiris sering disebut raja orang mati dan menjadi hakim di akhirat. Orang Mesir kuno yang menyembah Osiris mencatat ini sebagai tanda kemenangan dari kejahatan, termasuk kematian. 

8. Anubis

Menurut orang Mesir, sosok dewa Mesir kuno yang terkenal adalah Anubis dan merupakan simbol dari proses pengawetan mayat yang disebut mumi. Selama proses konservasi, para pendeta diharuskan memakai topeng Anubis. Digambarkan sebagai dewa berkepala serigala, Anubis adalah dewa yang bertanggung jawab untuk mengantarkan roh ke alam baka. Di akhirat, Anubis akan menjadi dewa yang menentukan ke mana arwah akan pergi, menimbang hati mereka. Anubis juga merupakan simbol kebangkitan.

9. Ra

Dari semua dewa yang disembah oleh orang Mesir, Ra adalah dewa terbesar dan paling penting di antara para dewa Mesir kuno. Orang Mesir kuno menghormati Ra sebagai dewa matahari. Menurut sebuah kisah yang berkembang di Mesir, konon seorang dewa bernama Nut selalu berusaha menelan Ra setiap malam. Namun Ra juga berhasil bangun berkali-kali. Dipercayai bahwa Ra dilahirkan setiap pagi dan mati pada waktu senja. Ketika dia meninggal, Ra dikatakan mengunjungi akhirat. Sering dilambangkan sebagai seorang pria dengan kepala elang, ia selalu dikaitkan dengan piramida dan merupakan tanda kelahiran kembali firaun, mengubah dirinya menjadi sosok dewa yang dikenal dunia.

10. Amun

Digambarkan sebagai dewa kuno paling kuat di antara semua dewa Mesir terkenal lainnya. Karena itu, ia disebut raja para dewa. Meskipun ia sudah dikenal sebagai dewa yang paling kuat, namun dia bergabung dengan dewa matahari Ra. Sebagai hasil dari merger, Amun sekarang lebih dikenal sebagai Amun-Ra. Karena menghormati kebesaran Amon, orang Mesir kuno kemudian membangun sebuah kuil besar di Thebes. Kuil ini dibuat khusus untuk menghormati Amun. 


Tidak ada komentar untuk "10 Daftar Dewa & Dewi Mesir Kuno Paling Fenomenal "