-->

Cara Cerdas Menenangkan Bayi yang Sedang Menangis, Bunda Harus Tahu!

Cara Cerdas Menenangkan Bayi yang Sedang Menangis, Bunda Harus Tahu!

Tangisan bayi baru lahir bisa terjadi karena beberapa sebab. Sebagai seorang ibu, tentu Anda harus belajar memahami arti tangisan bayi Anda. Selain itu, Anda juga harus tahu bagaimana cara menenangkan bayi Anda yang sedang menangis tersebut.
Nah, bagi Anda para ibu baru atau calon ibu yang ingin memahami tentang tangisan bayi dan cara mengatasinya, berikut kami akan berikan sedikit ulasannya untuk Anda. Simak informasi selengkapnya di bawah ini bunda!

Cara Cerdas Menenangkan Bayi yang Sedang Menangis

Melakukan gerakan mengayun

Bayi merasa sangat senang dengan gerakan – gerakan ketika mereka digendong. Salah satu gerakan menggendong yang sangat disukai bayi dan membuatnya tenang terlebih ketika ia sedang menangis atau meminta sesuatu adalah dengan mengayunkannya.
Nah, bunda harus tahu juga bahwa semakin kencang tangisan bayi maka Anda harus semakin kencang juga untuk mengayunkannya. Karena hal tersebut adalah yang sangat bayi suka.

Bayi suka suara “ssshh”

Ternyata cara ibu menenangkan bayi dengan bersuara “sssh” bukan hanya menjadi kebiasaan ibu – ibu secara turun temurun. Akan tetapi nyatanya suara “sssh” tersebut merupakan suara – suara yang sangat bayi suka.
Suara “sssh” juga dapat membuat bayi merasa tenang dan nyaman karena suara semacam itu sangat mirip dengan suara ketika mereka berada didalam rahim. Jadi pastikan juga suara “sssh” yang Anda hasilkan lebih kencang juga dibandingkan dengan tangisan si bayi supaya ia mendengarnya.

Memberikan sentuhan lembut

Jangan Anda pernah meremehkan kekuatan sentuhan dalam membuat bayi menjadi lebih nyaman. Tentu kita harus tahu dan paham bahwa langkah yang paling utama untuk membuat bayi merasa lebih tenang ketika ia sedang menangis adalah menenangkannya melalui sentuhan.
Namun walau demikian memang tak jarang bayi sebenarnya butuh lebih dari sekedar sentuhan untuk membuatnya merasa lebih nyaman. Seperti misalkan kondisi bunda yang menenangkan lewat menepuk punggung, memijat dengan lembut atau berbagai macam sentuhan – sentuhan yang lain.

Mengenal dan menyesuaikan lingkungan sekitar bayi

Cara cerdas menenangkan bayi  yang sedang menangis lainnya adalah dengan cara mengenal dan menyesuaikan lingkungan bayi seperti apa. Misalkan ketika bayi menangis di jam sebelum tidur, bunda harus tahu bayi Anda lebih suka lingkungan yang gelap atau terang.
Atau mungkin bayi suka suasana ramai atau tenang agar cepat tidur dan cepat reda tangisannya. Hal -  hal yang semacam ini harus bunda pahami agar si bayi bisa lebih tenang dan pada akhirnya tidak menangis kembali.

Memberikan ASI

Anda tentu tahu bahwa salah satu alasan mengapa bayi menangis adalah karena merasa lapar. Jadi, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menenangkan bayi yang sedang menangis adalah dengan memberikan ASI kepada si bayi.
Jika sudah Anda beri ASI namun bayi tetap menangis atau bayi menolaknya, mungkin ada rasa tidak nyaman lain yang membuat bayi menangis. Dan artinya bunda harus memahaminya kembali karena itu artinya tangisan bayi yang tadi bukan tangisan karena lapar. Melainkan tangisan karena hal lain.
Selain beberapa tips dan trik diatas, ada beberapa cara cerdas menenangkan bayi yang sedang menangis lainnya yaitu dengan memandikan bayi menggunakan air hangat, memberinya ASI dan menggendongnya sambil menyanyikan lagu merdu agar ia tertidur pulas.
Itulah beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk menenangkan bayi yang sedang menangis. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang menarik dan menjadi informasi yang bermanfaat serta menginspirasi Anda.