-->

5 Kemampuan Orang Sukses Yang Wajib Kamu Kuasai

5 Kemampuan Orang Sukses Yang Wajib Kamu Kuasai

 


Jangan berpikir modal membangun bisnis hanyalah uang. Memiliki banyak uang memang akan memudahkan Anda, tetapi ada hal lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu skill. Tidak sedikit pebisnis pemula yang terpaksa menutup bisnisnya karena tidak memiliki keterampilan bisnis. Berikut adalah lima keterampilan yang harus Anda miliki jika Anda ingin menjadi pengusaha yang sukses.

Kepemimpinan


Keterampilan utama yang harus Anda miliki adalah kepemimpinan. Dalam menjalankan bisnis, Anda tentu tidak sendirian, bukan? Mungkin pada awalnya Anda sendirian, tetapi ketika bisnis UKM yang Anda kelola tumbuh, Anda akan membutuhkan dua hingga tiga orang untuk membantu Anda. Sebagai pebisnis, Anda harus dapat memindahkan staf Anda sambil memberi mereka motivasi untuk memajukan bisnis Anda. Anda dapat mempelajari keterampilan ini secara otomatis dengan membaca buku atau berpartisipasi dalam pelatihan kepemimpinan. Tanpa keterampilan kepemimpinan yang baik, Anda akan kesulitan melindungi bawahan Anda.

Manajemen


Setelah berhasil memimpin bawahan Anda, tugas Anda berikutnya adalah mengatur dan mengelola. Anda harus dapat mengalokasikan sumber daya yang ada untuk kemajuan bisnis UKM Anda. Sumber daya Anda tidak hanya manusia sebagai karyawan, tetapi juga pinjaman modal bisnis, ketersediaan barang mentah untuk produksi Anda, dan waktu yang terakhir. Tanpa keterampilan manajemen waktu yang baik, akan sulit bagi Anda untuk mengelola jadwal harian Anda. Apalagi jika Anda seorang karyawan atau ibu rumah tangga yang memiliki pekerjaan selain mengelola bisnis. Kelincahan Anda dalam mengatur waktu adalah kunci untuk menjaga bisnis Anda tetap berjalan.

Komunikasi

Dalam bisnis, Anda pasti akan berhubungan dengan banyak orang, bukan? Baik itu dengan karyawan, pemasok, dan bahkan pelanggan. Memang, tidak semua orang memiliki keterampilan komunikasi yang baik, jadi jika Anda tidak memiliki bakat alami, Anda harus belajar banyak. Kurangnya komunikasi yang baik dengan karyawan juga dapat menyebabkan kesalahpahaman dalam melakukan bisnis. Begitu pula komunikasi dengan pelanggan. Membangun interaksi yang baik dengan pelanggan dapat membuat mereka betah membeli produk atau layanan Anda. Ingat, pelanggan setia dapat memberi Anda keuntungan bertahun-tahun. Mereka juga dapat merekomendasikan produk Anda kepada pelanggan baru, sehingga Anda mendapatkan sumber penghasilan baru.

Kemampuan Marketing

Jika Anda seorang pebisnis pemula, Anda harus melakukan pemasaran sendiri, kecuali Anda memiliki cukup laba untuk membayar layanan pemasaran. Menjalankan atau tidak bisnis Anda tergantung pada manfaat yang Anda dapatkan. Anda hanya bisa mendapatkan keuntungan jika melakukan penjualan. Untuk itu, Anda harus memiliki kemampuan untuk menjual produk. Ini berkaitan dengan keterampilan komunikasi yang Anda miliki. Semakin baik keterampilan komunikasi dan persuasi Anda, semakin mudah bagi Anda untuk melakukan pemasaran, baik online maupun online.

Akuntansi

Keahlian terakhir yang satu ini sama pentingnya. Apa yang terjadi jika Anda tidak tangkas dalam mengelola modal ventura yang telah Anda perjuangkan? Apa yang akan terjadi jika Anda tidak melacak pengeluaran dan pendapatan bisnis UKM Anda? Sebagai seorang pengusaha, Anda harus memiliki keterampilan akuntansi dasar untuk menghitung arus kas bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa tahu perusahaan Anda mengalami untung atau rugi. Sekecil apa pun skala bisnis UKM Anda, jangan anggap remeh keterampilan akuntansi ini.

Kelima keterampilan ini harus bersama Anda jika Anda ingin menjadi pengusaha. Kurangnya salah satu keterampilan di atas dapat mengganggu keseimbangan Anda dalam melakukan bisnis. Tentu saja Anda tidak bisa mendapatkan keterampilan secara instan, tetapi butuh waktu untuk membuatnya dipertajam dan lebih baik.